Dua Siloam Hospitals, Ada di Kota Manado

by admin

Masalah-masalah kesehatan di Indonesia, tidak ada habisnya. Bukan hanya dari faktor penyakit, faktor ketersediaan fasilitas dan tenaga kesehatan bisa menimbulkan masalah kesehatan lainnya. Keterbatasan fasilitas dan tenaga kesehatan bisa menyebabkan seseorang yang menderita suatu penyakit tidak bisa sembuh bahkan harus meninggal.

Melihat hal ini, Siloam Hospital Group hadir di kota-kota di Indonesia untuk mendukung fasilitas dan tenaga kesehatan yang ada di kota-kota tersebut. Sejauh ini, telah ada 41 cabang Siloam Hospital yang tersebar di Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara dan Maluku.

Di Kota Manado, Siloam Hospital Group membuka dua cabang. Pertama, pada Juni 2012 berdiri Siloam Hospitals Manado yang berada di Pusat Kota Manado. Kemudian kedua pada November 2019, Siloam Hospital Group membuka cabangnya di Kecamatan Paal Dua sehingga namanya yaitu Siloam Hospitals Paal Dua.

Kedua rumah sakit ini, memiliki fasilitas dan tenaga kesehatan unggulan. Misalnya di Siloam Hospitals Manado, pihaknya memiliki peralatan-peralatan canggih, mutakhir, dan pertama kali dimiliki oleh rumah sakit yang ada di Kota Manado, seperti 1.5T MRI, 128 Slice CT Scan, dan Cath Lab. Ada juga fasilitas Hyperbaric Oxygen Theraphy (HBOT) atau Hiperbarik Chamber yang dapat membantu permasalahan para divers.

Untuk fasilitas kamar, tergantung dari tipe kamar yang dipilih. Siloam Hospitals Manado menawarkan enam tipe kamar yaitu Presidential Suite, Super VIP, VIP, Deluxe, Standart, dan Basic

Fasilitas-fasilitas yang ada di Siloam Hospitals Paal Dua memang tidak selengkap yang ada di Siloam Hospitals Manado. Hal ini dikarenakan gedungnya yang lebih kecil dan masih tergolong baru. Namun, perbedaan fasilitas yang ada di kedua rumah sakit ini tidak begitu berpengaruh karena baik di Siloam Hospitals Manado maupun Paal Dua, sama-sama mempunyai tenaga kesehatan yang berkompeten dan berpengalaman.

Di masa pandemi Covid-19, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara menjadikan Siloam Hospitals Manado dan Paal Dua sebagai rumah sakit rujukan pasien Covid-19. Kedua rumah sakit ini pun menyediakan kapasitas untuk menampung pasien Covid-19 dan juga menyediakan layanan untuk tes Covid-19 kepada masyarakat umum.

Hampir tiap hari, pasien berdatangan di kedua rumah sakit ini. Hal ini tentunya karena fasilitas kesehatan, tenaga kesehatan, dan pelayanan yang diberikan kepada pasien tidak kalah dengan rumah sakit pemerintah. Para pasien yang datang pun tidak hanya berasal dari Kota Manado, tetapi juga masyarakat dari Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Utara bahkan dari luar provinsi. Terkadang, pihak Siloam Hospitals Manado dan Paal Dua harus mengarahkan para pasien ke rumah sakit terdekat lainnya karena kapasitas rumah sakit yang sudah full.

Meski berstatus swasta, Siloam Hospitals Manado dan Paal Dua tidak selalu mengutamakan profit. Buktinya, kedua rumah sakit ini menerima pasien BPJS Kesehatan. Dalam pelayanannya, pihaknya tidak membedakan antara pasien BPJS Kesehatan dengan pasien umum.

Kehadiran dua Siloam Hospitals di Kota Manado ini diharapkan dapat membantu menangani permasalahan kesehatan di Kawasan Indonesia Timur dan tetap mendukung program pemerintah melalui BPJS Kesehatan.

Google Maps Location

You may also like

Leave a Comment