Hidden Gem Called Mah’Watu

by admin

 Mah’watu ini diresmikan pada tahun lalu tepat pada tangga 17 Agustus 2022, tempat ini  merupakan salah satu  wisata alam yang dilestarikan di Kota Tomohon tepatnya di Kecamatan Tomohon Selatan di Desa Lahendong,nama dari Mah’watu diambil dari nama perkebunan di lokasi tersebut, ada beberapa orang yang bertanya-tanya dengan arti nama dari tempat tersebut,menurut pemilik lokasi itu,Mah’watu diambil dari singkatan kata (Mapulu AHmut Wua Ate Tou Uma’muali) yang berarti “sepuluh akar buah hati manusia yang akan terjadi”,menurut warga sekitar, wisata alam tersebut,konon katanya ada dua arti nama dari Mah’watu, yang pertama Mah’watu diartikan sebagai (berbatu) dikarenakan lokasi tersebut banyak bebatuan’ dan yang kedua diartikan sebagai (mahwatu) nama pohon besar yang tumbuh persis di tengah-tengah lokasi tersebut, dan  Terlepas dari arti nama Mah’watu tempat inipun sangat mencuri perhatian dikarenakan wisata ini dilegkapi dengan sebuah cafe dan juga banyak sekali spot alam yang sangat indah. Keindahan alam yang ada ini dikreasikan unik dan nyaman oleh pengelola wisata alam tersebut, pengunjung yang datangpun kebanyakan bersama keluarga, karena suasana yang ada di Mah’watu ini sangat tenang dan nyaman untuk quality time bersama keluarga maupun pasangan. 

Mah’watu ini dikenal juga dengan sungai belerang yang berada dekat dengan cafe tersebut, itu merupakan salah satu poin utama yang dipamerkan  dari konsep cafe Mah’watu ini. Di tempat ini juga ada beberapa spot foto yang sangat menarik perhatian di kalangan anak muda, tidak sedikit  anak muda yang tertarik dengan spot foto yang berlatar hutan ataupun sungai,oleh karena itu beberapa selebgram gemar mengunjungi tempat tersebut, ini membuktikan bahwa wisata alam Mah’watu berhasil mencuri perhatian publik. Indahnya alam yang ada di Mah’watu ini sangat mempengaruhi suasana,karena alam yang sangat hijau dan asri membuat pengunjung terpesona dan juga tenang, karena itulah banyak yang menjadikan wisata alam Mah’watu ini sebagai tempat untuk menenangkan pikiran ataupun quality time. Mah’watu juga salah satu tempat wisata yang  memiliki tarif tiket masuk yang sangat murah atau terjangkau untuk semua pengunjung, dan juga setiap pengunjung dapat menukar tiket masuk dengan sebotol air mineral, dari sini kita dapat menilai seberapa prepare nya pengelola wisata alam tersebut.

Pada penghujung tahun 2022 Mah’watu mendekorasi konsep tempat tersebut dengan tema christmas, kita dapat melihat dari foto di atas bahwa sangatlah indah pohon natal yang diletakan persis di tengah-tengah tempat duduk, sangat indah untuk mengambil gambar pada sore hari dengan latar pohon pinus dan juga pohon natal.

Tempat ini di awal tahun 2023 banyak dikunjungi oleh anak muda dan juga turis  dengan tujuan mengeksplor dan mengekspos lebih banyak dari wisata alam Mah’watu ini.

Tempat duduk yang berhadap-hadapan membuat kesan quality time terlihat hangat. 

Temperatur di lokasi tersebut dingin,dan salah satu ide kreatif dari owner yaitu membuat tempat duduk dari batang pohon yang melingkari api unggun, itu sangat luar biasa dengan forest background.

Kota Tomohon yaitu salah satu daerah yang bersuhu rendah atau dingin, karena itulah wisata alam ini walaupun dikunjungi pada siang hari, para pengunjung tidak terlalu merasa panas melainkan merasa sejuk di tengah teriknya matahari. Menu yang dapat di nikmati di tempat wisata ini berupa pisang goreng dan aneka makanan ringan, Walaupun sedikit varian makanan yang disediakan tidak mengurangi pengunjung yang datang di tempat tersebut,dari penghujung tahun 2022 hingga memasuki tahun baru 2023 pengunjung di wisata alam itu lebih bertambah. Jam operasionalnya tetap sama dengan tahun 2022 yaitu dibuka pada jam 10:00 Wita – jam 18:00 Wita di hari senin-sabtu, pada hari minggu jam operasionalnya di mulai dari jam 12:00 Wita-18:00 Wita. Kedepannya owner akan mengupayakan tempat wisata ini dibuka hingga malam hari. Ide ini diambil oleh owner agar para pengunjung tidak hanya menikmati suasana di siang hari tetapi juga di malam hari.

Google maps location

You may also like

Leave a Comment