Khas Leluhur Warga Minahasa : Makam Waruga

by admin

Waruga Manado adalah sebuah kompleks pemakaman kuno yang terletak di Desa Sawangan, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara. Waruga Manado ditemukan pada tahun 1817. Waruga sendiri merupakan makam kuno khas Minahasa yang dibuat dari batu pasir dan berukuran yang beragam, ada yang berukuran besar,sedang,dan juga ada yang berukuran kecil dan berbentuk segi empat.

Waruga Manado terdiri dari beberapa ratus makam yang digunakan dari abad ke-10. Makam-makam tersebut berbentuk seperti peti mati yang diletakkan di atas tanah dengan ukuran yang berbeda-beda. Beberapa makam memiliki hiasan batu yang menunjukkan status sosial pemilik makam. Selain itu, pada makam-makam tersebut terdapat relief-relef yang menggambarkan kehidupan sehari-hari orang Minahasa pada masa itu. Relief-relef tersebut antara lain menggambarkan pertanian, perikanan, berburu, dan kegiatan lainnya.

Waruga Manado menjadi salah satu situs sejarah yang penting bagi masyarakat Minahasa. Waruga Manado juga menjadi tujuan wisata budaya yang menarik bagi wisatawan yang berkunjung ke Sulawesi Utara. Waruga Manado telah ditetapkan sebagai cagar budaya oleh pemerintah Indonesia dan diharapkan dapat terus dilestarikan untuk generasi mendatang.

Namun, Waruga Manado juga menghadapi beberapa tantangan seperti perubahan iklim dan perusakan yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, diperlukan upaya pelestarian yang serius untuk menjaga keberlangsungan Waruga Manado sebagai bagian dari warisan budaya Indonesia.

 

Google Maps Location

You may also like

Leave a Comment