ZERO POINT, TITIK NOL SEKALIGUS IKON OBJEK WISATA KOTA MANADO

by admin

Zero Point merupakan titik nol kilometer dari kota Manado yang juga menjadi ikon dan objek wisata Kota Manado. Terletak di pusat Kota Manado tepatnya di Jl. Jendral Sudirman, Pinaesaan, Wenang, Kota Manado. Tidak sulit unutk mengakses tugu  Zero Point ini karena lokasinya sangat strategis di tengah pusat keramaian yang dipenuhi angkutan umum dan kendaraan bermotor lainnya. Tugu Zero Point ini dikelilingi oleh eks gedung Minahasa Raad, Bank Sulut, Gedung Joeang 45 Manado dan juga gedung-gedung besar lainnya.

Tugu Zero Point ini juga bisa dijadikan sebagai objek untuk berfoto, tapi jika menginginkan hasil foto yang bagus maka para pengunjung harus datang di pagi hari agar suasana di sekitar tugu Zero Point tersebut masih sunyi, karena menjelang siang hari , kawasan di sekitar tugu Zero Point tersebut sudah akan ramai dengan padatnya kendaraan bermotor yang berlalu lalang. Bagian atas dari tugu Zero Point ini berbentuk seperti globe atau bundar. Bentuk bundar tersebut memiliki arti sebagai penanda nol kilometer. Titik nol kilometer ini berfungsi sebagai acuan pengukuran jarak ke tempat tujuan atau lokasi di Kota Manado. Bola berbentuk globe yang terdapat diatas tugu Zero Point tersebut terbuat dari bahan baja tahan karat, dan bahan dasarnya terbuat dari beton yang dihiasi dengan keramik.

Design dari tugu Zero Point ini sendiri cukup unik , dibawah bagian bundar yang berbentuk globe tersebut terdapat 4 tiang penyangga yang berbentuk melengkung dan bagian paling atas dari tiang tersebut mengarah ke 4 penjuru mata angin. Di tugu ini juga terdapat 4 nama daerah lengkap dengan jarak tempuhnya. Di bagian bawah tugu, terdapat 4 huruf besar bertuliskan “ZERO” yang melingkari sekitar tugu. Meski sudah sangat lama didirikan dan menjadi saksi perkembangan Kota Manado, tugu Zero Point sampai sekarang masih terlihat begitu kokoh berdiri ditengah hiruk pikuk aktivitas masyarakat Manado. Tugu Zero Point ini juga memiliki fungsi yang sangat penting karena dapat menjadi patokan bagi wisatawan-wisatawan luar agar tidak tersesat saat ingin mengitari Kota Manado.

You may also like

Leave a Comment